lirik lalaran kitab nadhom alala lengkap latin pada tulisan ini merupakan pengetikan manual oleh penulis. Yakni, dari kitab alala yang awalnya hanya berupa tulisan arab dan huruf pegon. Ditulis kembali menjadi bentuk latin. Dalam masa penulisan, beberapa bagian pada translasi jawa tidak diubah dengan lengkap. Hal ini karena, pada bahasa jawa yang agak lama, belum ditemukan padanan kata yang cocok dalam bahasa indonesia. Keseluruhan nadhom alala latin ini berjumlah kurang lebih 37. Ini disesuaikan dengan kitab asli alala dalam bahasa arab, yang memiliki jumlah yang sama. Kitab asli yang dimaksud adalah kitab alala karangan dari pondok pesantren lirboyo. Dimana kebanyakan nadhom pada kitab ini, terdapat juga pada kitab talim mutaalim karangan syekh az zarnuji. Nadhom populer dari kitab ini adalah nadhom pertama. Nadhom tersebut membahas beberapa hal utama dan perlu dilakukan sebelum mencari ilmu. Selain itu juga terdapat pula banyak nadhoman lain diantaranya yang membahas etika pertemanan, keutamaan ilmu, dan menghormati guru.
الْالِاتِّنَالُ الْعِلْمُ الْآبِسِتَةُ سَأُنْبِكُ عَنْ مَجْمُوعِهَابِبَيَانِ
alala tanalul ilma illa bi sittatin, saunbika an majmuiha bi bayani
tidak akan menghasilkan ilmu dengan baik kecuali dengan melakukan 6 perkara, nanti akan saya jelaskan.
ilingo ndak hasil ilmu anging enem perkoro, bakal tak ceritaake kumpule kanti pertelo
ذْگاءْ وَحِرْصٌ وَاصْطِبَارٌ وَبِلُغَةٍ وَارْشَادٍ اسْتَاذٍ وَطُولِ زَمَانِ
dukain wahirsin wastibarin wabulghotin, wairsya diustadi watuli zamani
6 perkara itu yakni pintar, semangat, sabar, punya biaya, ada guru, dan lamanya waktu
rupane limpad lubo sabar ono sangune lan piwulange guru lan sing suwe mangsane
عَنِ الْمَرْءِ لَاتَسْأَلْ وَسَلْ عَنْ قَرِينِهِ فَإِنَّ الْقَرِينَ بِالْقَارِنِ يَقَدُّی
anilmar'i latasaa wasal an qarinihi, fainnal qarina bilmuqarani yaqtadi
jangan bertanya pada seseorang, namun tanyalah temannya siapa. Karena sesungguhnya teman sesuai dengan temannya
jo takon wong siji takono kancane, kerana saktemene kanca manut kang ngancani
فَإِنْ كَانَ ذَاشِرَفَجَنْبَهُ سُرْعَةً وَانٍ كَانَ ذَاخِيرَ فَقَارَنَهُ تَهْتَدِي
fainkana dza syarrin fajanibhu syuratan, wainkana dza khorin faqarinhu tahtadi
jika ada teman berprilaku buruk, segera jauhi. Jika ada teman berprilaku baik, segera jadi temannya
yen ono kanca ala lakune ndang dohono, yen ono kanca bagus enggal ndang kancanana
تَعْلَمُ فَإِنَّ الْعِلْمَ زَيْنٌ لِأَهْلِهِ وَفَضْلٌ وَعُنْوَانٌ لِكُلِّ الْمَحَامِدِ
tallam fainal ilma zainun liahlihi, wafadlun wainwanun likulli mahamidi
mengajilah karena ilmu itu menghiasi ahli ilmu dan menjadikan unggul serta menjadi tanda tingkah terpuji
ngajiha kerana ilmu maesi ahline, lan ngunggulake lan dadi tanda tingkah pinuji
وَكُنْ مُسْتَفِيدًا كُلَّ يَوْمٍ زِيَادَةً مِنَ الْعِلْمِ وَاسْبَحْ فِي بُحُورِ الْفَوَائِدِ
wakun mustafidan kula yaumin ziyadatan, minal ilmi wasbah fi bukhuril fawaidi
hendaknya setiap hari selalu bertambah faidah, dengan cara mencari ilmu yang merupakan lautan faidah
anaha ngalap faidah saben dina ing tambah, songko ngalap ilmu lan ngelangi segara ne faidah
تَفَقُّهٌ فَإِنَّ الْفِقْهَ أَفْضَلُ قَائِدٍ إِلَى الْبِرِّ وَالتَّفَوَى وَأَعْدَلُ قَاصِِدٍ
tafaqah fainnal fiqha afdholu qaidi, ilal birri wattaqwa waa'dalu qasidi
mengajilah ilmu fiqih karena hal tersebut mengnggulkan dan dapat menunjukan pada kebaikan, serta meningkatkan taqwa.
ngajio fiqih kerono ngunggulake lan nuduhake maring bagus lan wedi allah luwih jejeg e
هَوَالْعِلْمُ الْهَادُّ إِلَى سُنَنِ الْهَدِّی هَوَالْحِصْنُ نُنَجِّي مِنْ جَمِيعِ الشَّدَائِدِ
huwal ilmul hadi ila sananil huda, huwal khisnu yunji min jamii syadaidi
ilmu fiqih adalah yang menunjukan pada jalan petunjuk, layaknya sebuah benteng yang menyelamatkan dari pesakitan
ilmu fiqih kang nuduhake dalan pituduh, hiya benteng kang nyelametake saka pikuwu
فَانَ فَقِيهًا وَاحِدًا مُتَوَرِّعًا اشْدَعْلَى الشَّيْطَانِ مِنْ آلِفِ عَايِدٍ
fainna faqihan wahidan mutawarian, asyadu ala syaitoni min alfi abidi
satu orang alim yang menjauhi barang haram lebih berat daripada seribu ahli ibadah menurut setan
wong alim fiqih siji tur kang ngedohi haram luweh abot timbang ngabid sewu mungguhi setan
فَسَادَكَبْرَعَالِمُ مُتَهَتِّكٌ وَاكِبُرْ مِنْهُ جَاهِلٌ مَتَنَسِّكِْ
fasadun kabirun alimun mutahatikun, waakbaru minhu jahilun mutanasiku
Kerusakan besar terjadi apa bila orang alim tidak melakukan perkara (yang dia tahu), lebih besar lagi ketiak orang bodoh yang melakukan perkara (tersebut)
gedene kerusakan wong alim ndak ngelakoni, luwih gede timbang iku wong budu ngelakoni
هُمَافِتْنَةٌ فِي أَلْعَالَمِينَ عَظِيمَةٌ لِمَنْ بِهُمَافَى دِينِهِ يَتَمَسَّكُ
huma fitnatun alimina adzimatun, liman bihima fi diinihi yatamassaku
keduanya itu adalah paling besarnya fitnah agama, bagi orang yang belajar perkara agama
karone iku agung agunge fitnah dunyo, tumerap wong tetanggan perkoro agomo
اذَاتَمَّ عَقْلَ الْمَرْءِ قُلْ كَلَامُهُ وَأَيْقَنَ بِحُمْقِ الْمَرْءِ انْ كَانَ مُكْثِرًا
idza tamma aqlul mari qalla kalamuhu, wa ayqin bikhukmil mar i in kana muktsiran
ketika sempurna akal (pengetahuan) maka sedikit berbicara, sedangkan menyatakan kebodohan ketika banyak omongnya.
nalika sempurna aqali kitik guneme, lan nyatakno kumprunge wong yen akeh guneme
يَمُوتُ أَلْفَتَى مِنْ عَثْرَةَمَنِ لِسَانُهُ وَلَيْسَ يَمُوتُ الْمَرْءُ مِنْ عَثْرَةِ الرَّجُلِ
yamutul fata min atsration min lisanihi, walaysa yamutul mar u min atsratin rajli
banyak sebab kematian orang karena terpleset lidahnya, bukan karena terpleset kaki
matine wong sebab kepleset lisane, ora kok matine sebab kepleset sikile.
فَعَثَرَتْهُ مِنْ فِيهِ تَرْمِي بِرَأْسِهِ وَعَثْرَتِهُ بِالرَّجُلِ تِبْرٌی عَلَى الْمُهْلِ
fa atsratuhu min fihi tarmi biraksihi, waatsratuhu birijli tabra alal mahli
adapun terpelesetnya lisan bisa mendatangkan lemparan pada kepala, sedangkan terpelesetnya lisan lama lama bisa sembuh
dini melesete lisan nekaaki balang endas, dene melesete sikil suwe suwe bisa waras.
اخَوَالْعِلْمُ خَالِدَبْعَدَمُوتُهُ وَأَوْصَالُهُ تَحْتَ التُّرَابِ رَمِيمٌ
akhul ilmi khayyun khalidun ba'da mautihi, waaw shaluhu tahta turabi ramim
orang punya ilmu hidup abadi setelah mati, meskipun jasadnya telah busuk di bumi
wong duwe ilmu urep langgeng sakwuse mati, dene adon adone busuk neng isor bumi
وَذُو الْجَهْلِ مَيِّتٌ وَهُوَ يَمْشِي عَلَى الثَّرِّی يَظُنُّ مِنْ الْأَحِبَّاءِ وَ هُوَ عَدِيُمٌ
wa dzul jahli maytun wahwa yamsi ala tsaro, yudzonnu minal ahyai wahuwa adimun
orang bodoh (dianggap) mati meskipun kenyataannya masih berjalan diatas bumi, disangka oleh para orang hidup bahwa ia telah mati
wong bodo mati hali melaku ning duwur bumi, din nyono wong kang urip nanging podo wong mati
لِكُلِّ إِلَى سَأْوِ الْعُلَى حَرَكَاتٍ وَلَكِنْ عَزِيزٌ فِي الرِّجَالِ ثَبَاتُ
likuli ila sakwil ula kharakatun, walakin azizun firijali
semua orang menginginkan derajat yang luhur, tetapo hanya sedikit orang saja yang bersungguh sungguh
kabih wong maring derajat luhur ubahe ati, tapine kedik poro rajul iku netepi
اذَا كُنْتَ فِي قَوْمٍ فَصَاحِبُ خِيَارِهِمْ وَلَاتَصَحَّبَ الَارْدَى فَتَرَدَّى مَعَ الرُّدَى
idza kunta fi qaumin fashohib khiyarahum, wala tashibil arda fatarda ma'a rida
apabila kamu bertemu sebuah kaum, maka bertemanlah orang yang bagus pada kaum tersebut, dan jangan berteman dengan orang yang kurang bagus. Sebab nantinya di surga, kamu akan diikutkan orang yang tidak bagus
nalika ana siro iku wewaran kaum, mangka ngancanan sira ing bagus e kaum. lan aja esuk ngancani sira ing wangkan asor, mangka sebab den surga serto kang ashor.
أَقْدَمَ اُسْتَاذِي عَلَى نَفْسِ وَالِدٍی وَانْ نَالَنِي مِنْ وَالِدِي الْفَضْلِ وَالشَّرَفِ
uqaddim ustadzi ala nafsil walidi, wain nalani minal walidil fadlu wassyaraf
Saya mendahulukan guru, dan mengakhirkan orang tua laki. Meskipun saya mendapatkan kemulyaan dari bapak.
disiake ingsun ing guru, ngareake ing bapa. Senajan olehe ingsun kamulyan saka bapa
فَذَاكَ مَرَبُّ الرُّوحِ وَالرُّوحُ جَوْهَرٌ وَهَذَامِرِبُ الْجِسْمِ وَالْجِسْمِ كَالصَّدَفِ
fadzakka murabbi ruhu waruhi jauharu, wahadza murabbil jismi wal jismu kashadaf
adapun guru iku merupakan orang yang merawat jiwa, yang diserupakan layaknya suco. Sedangkan orang tua itu merupakan yang merawat raga, yang diumpakan seperti wadah suco.
dene guru iku kang ngiti ngiti ing nyowo, dene nyowo iku din serupaake kaya suco. Dene wong tuwo iku kang ngiti ngiti ing rogo, dene rogo iku den serupaaken wadah suco
فَذَاكَ مَرَبُّ الرُّوحِ وَالرُّوحُ جَوْهَرٌ وَهَذَامِرِبُ الْجِسْمِ وَالْجِسْمِ كَالصَّدَفِ
fadzakka murabbi ruhu waruhi jauharu, wahadza murabbil jismi wal jismu kashadaf
adapun guru iku merupakan orang yang merawat jiwa, yang diserupakan layaknya suco. Sedangkan orang tua itu merupakan yang merawat raga, yang diumpakan seperti wadah suco.
dene guru iku kang ngiti ngiti ing nyowo, dene nyowo iku din serupaake kaya suco. Dene wong tuwo iku kang ngiti ngiti ing rogo, dene rogo iku den serupaaken wadah suco
رِيتْ احْقِ الْحَقَّ حَقَّ الْمُعَلِّمِ وَأَوْجَبَهُ حِفْظًا عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
ro aytu ahaqqul haqqi mualimu, waawjabahu hifdzan ala kulli muslimi.
saya berpendapat dengan sangat sungguh yakni keharusan bagi tiap orang untuk menunjukan hal yang benar. Dan lebih ditekadkan untuk lebih wajib memahami dijaga oleh seluruh orang islam yang ingin bisa
aku wis neqadake luwih haq haqi bener, yaiku haq e wangkang nuduhake barang bener. lan luweh tak tekadke luweh wajib din rekso mungguhe kabih wong islam kepengen biso
لِقَدْحَقَ أَنْ يُهْدَى إِلَيْهِ كَرَامَةً لِتَعْلِيمِ حَرْفٍ وَاحِدٍ الْفِ دِرْهَامٍ
laqod haqqa ay yuhda ilaihi karamatan, lita'limi kharfi wahidin alfu dirhamin
seharusnya guru harus diberi hadiah seribu dirham, dengan tujuan memulyakan karena mengajar satu huruf hingga faham
guru wis mesti dihadiahi sewu dirham, mulyaake kerana mulang huruf siji tur faham
آرْی لَكَ آنٌ نَشْتَهِي آنٍ تَعِزُّهَا فَلَسْتُ تَنَالُ الْعِزَّ حَتَّى تُذِلَّهَا
ara laka an tasytahi an tuizzaha, falastu tanalul izza khatta tudziluha
saya melihat mu ingin mulia, maka tidak akan berhasil mulia mu jika belum merasakan hina
ningali ingsun maring sira kepingin mulya mongko ndak hasil mulya sira yen durung ino
اذَاسَاءَ فِعْلُ الْمَرْءِ سَاءَظْنُو نَهْ وَصَدَقَ مَايَعْتَادُهُ مِنْ تَوَهُّمَ
idza sa a fi'lul mar i sa a dzununuhu, wa shoddaqo ma yaghtaduhu min tawahhumi
Apabila buruk kelakuan seseorang maka buruk prasangkanya, apabila benar prasangkanya maka benar pula kelakukannya.
nalika ala lakuni wong ala nyonone, lan bener nyonone wong bener pengadatane
فَمَالُنَاسُ الْأَوْأَحْدَمْنَ ثَلَاثُهُ شَرِيفٌ وَمَشْرُوفٌ وَمِثْلُ مُقَاوِمٍ
faman nasu illa wahidun min tsalatatin, syarifun wamasyrufun wamitslu muqawimi
tidak ada sikap manusia itu selain dari tiga hal, pertama mulya, kedua memulyakan, ketiga sama dengan teman temannya.
ora ono manungso iku wujud perkoro, kejobo sifat siji saking telung perkoro. suwiji sifat mulya. kapindo, mulyakne.kaping telu ya madani kanca kancani
فَامَا الَّذِي فَوْقِي فَأَعْرِفُ قَدْرَهُ وَاتَّبَعَ فِيهِ الْحَقَّ وَالْحَقَّ لَازِمٌ
fammaladzi fauqi faarifu qadrahu, waatbau fihil haqqu walhaqqu lazimun
jika saja aku mengerti derajat orang diatasku, dan aku mematuhi perintahnya, maka bisa dipastikan.
dene wong sakduwurku aku weruh derajate, lan aku manut haq e mergo haq barang mesti
فَامَالِذْی مِثْلِي فَإِنْ زَلَّ اوْهَفَا تَفَضَّلَتْ إِنَّ الْفَضْلَ بِالْفَخْرِ حَاکم
fa ammaladzi mitsli fain zalla auhafa, tafadhholat innal fadhla bil fakhri khakimun
dene wong sak podoku lamun wong iku keliru, podo iku wong keluputan marang aku. Mongko aku weh keno kerahan marang kang salah. Kerono nukerahan ngungguli sifat bungah
فَامَا لِذْی دُونِي فَأَحْلُمْ دَائِبًاُ اصُونَ يَهْ عَرْضِي وَانْ لَامَ لَائِمٌ
fammaladzi duni fakhlamu daiban, ashunu bihi irdhi wainlam laimun
dene wong sak ngisorku aku sabar biasa, ngarekso kawirangan, senajan aku den wodo
دَعْ الْمُرْءَلَاتِجِزَ عَلَى سُوءَفِعْلِهِ سَيَكْفِيهِ مَافِيهِ وَمَاهُوفَاعِلُهُ
dail mar i la tujzi ala su i filihi, sayakfihi ma fihi wa ma huwa failuh
tinggalkanlan seseorang yang buruk kelakukannya, dalam artian jangan membalas barang buruk yang dilakukan ia kepadamu. Karena nantinya akan dicukupi lagi seluruh barang yang diperlakukan
tinggalo sira ing wong siji olo lakune tegese ojo males olo kang dilakoni. kerono bakal den cukupi kelakukan lan sekabehe barang kang den lakuni
الْيسَتْ مِنَ الْخُسْرَانِ اتِ لَيَالِيَا تَمَرْبِلَانْفَعْ وَتَحْسَبُ مِنْ عُمْرَى
alaysat minal khusroni ina layaliya, tamurru bila nafin wa tuhtasabu min umri.
adapun semuanya bukan termasuk orang yang tidak tahu, bahwa selama hidup umur kita dihitung
onone kabeh dudu golongane wong tuno, liwate kanti nganggo di itunge umur kito.
تَغْرَبُ عَنِ الْأَوْطَانِ فِي طَلَبِ أَلْعَلَا وَسَافَرَ فَفِي الْأَسْفَارِخَمْسِ فَوَائِدًا
taghorob anil authoni fi tholabil ilmu ula, wasafir fa fil asfari khomsun fawaida.
berhijrahlah dari desamu untuk memperoleh kemulyaan, karena terdapat lima perkara yang ditemukan di tempat hijrah
lungo o songko deso perlu ngudi kamulyan, kerono limang perkoro den temu ing pelungan.
تَفَرُّجُ هُمْ وَاكْتِسَابُ مَعِيشَةٍ وَعِلْمٍ وَادَّابٍ وَصُحْبَةِ مَاجِدٍ
tafarruju hammin waktisabu maisyatin wailmun waadabun wa suhbatun majidi
satu hilangnya susahdua rizqinya bertambahtiga bertambah ilmu menyebabkan bahagiaempat, makin bagusnya tata kramalima, mendapatkan teman yang mulya
siji ilange susah, loro rizqine tambah, kaping telu tambah ilmu nyebabaki bungah, kaping papat bisa baguse tata krama, kaping lima merkuleh konco kang mulyo
وَانَ قِيلَ فِي الْأَسْفَارِذَلِ وَغُرْبَةٍ وَقَطْعُ فَيَّافٍ وَارْتِكَابُ شَدَائِدًا
wain qila fil asfari dzulun ghurbatun, waqtun fayafi wartikabun syadaida
meskipun ada di tempat hijrah merasa hina dalam pengembaraan, dan sengsara
senajan ana ing lelungan ngeroso ino ngumboro, lan njungkung oro oro lan ngelakuni sengsoro
فَمَوْتُ الْفَتَى خَيْرَلُهُ مِنْ حَيَاتِهِ بِدَارِ هَوَانٍ بَيْنَ وَاشٍ وَحَاسِدِ
famautul fata khayrun lahu min khayatihi bidari hawanin bayna wasyin wakhasidi
hidupnya pemuda lebih baik bila digunakan untuk menghilangkan tempat bagi orang untuk melakukan adu adu dan dengki.
uripe wong enum lueh apik e mateni ing deso kumpul wongkang adu adu lan wong derengki
Tulisan tentang lirik lalaran kitab nadhom alala lengkap latin, kami sudahi. Sebelumnya, kami mohon maaf pada beberapa bagian yang mungkin terdapat salah penulisan. Penulisan ini mencakup penulisan harakat, penulisan terjemah dari bahasa jawa, atau lainnya. Harapan kami semoga tulisan ini meningkatkan kapasitas keilmuan Anda perihal nadzoman.
Bermanfaat? Yuk share linknya!
Lalaran.com merupakan situs yang membahas berbagai macam kitab klasik. Beberapa diantaranya, adalah kitab safinatun naja, alala, talim mutaallim, dan berbagai kitab lainnya. Dilengkapi dengan terjemahan bahasa indonesia, bahasa jawa, serta translasi cara membaca dalam bahasa indonesia.